Komunitas Online

KOMUNITAS ONLINE

A. PENGERTIAN PERANCANGAN

     Perancangan adalah suatu proses pengambilan keputusan yang berdasarkan fakta, mengenai kegiatan-kegiatan yang harus dilaksanakan demi tercapainya tujuan yang diharapkan atau yang dikehendaki.
    Atau dapat juga dikatakan bahwa perancangan adalah penggambaran, perencanaan dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi Perancangan sistem dapat dirancang dalam bentuk bagan alir sistem (system flowchart), yang merupakan alat bentuk grafik yang dapat digunakan untuk menunjukan urutan-urutan proses dari sistem

B. PENGERTIAN PEMELIHARAAN KOMUNITAS

     Maintenance atau pemeliharaan adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang dengan tujuan agar komunitas selalu memiliki kondisi yang sama atau bahkan lebih baik dari keadaan awalnya. Maintenance juga dilakukan untuk menjaga komunitas tetap berada dalam kondisi yang dapat diterima oleh masyarakat.

C. PENGERTIAN KOMUNITAS ONLINE

     Komunitas online adalah sebuah wadah dimana sekelompok orang berkumpul untuk berbagi sence of community sebagaimana orang-orang yang tidak saling mengenal memiliki kesamaan ketertarikan minat, didalam sebuah situs internet yang menawarkan beberapa layanan online, meliputi beberapa akses kepada lingkungan sosial, layanan komunitas, informasi resmi, dan layanan e-commerce kepada penghuninya.

D. KARAKTERISTIK KOMUNITAS ONLINE YANG SUKSES

Jika Anda ingin bergabung atau membangun komunitas daring Anda sendiri, Anda mungkin merasa kewalahan dengan semua jalan berbeda yang tersedia untuk Anda.
Alih-alih membiarkan diri Anda terlibat pada berbagai komunitas online tanpa tahu cara membedakan satu dari yang lain, kenalilah tiga karakteristik paling penting dari komunitas online yang sukses.
Memiliki Konten yang berkualitas
Anggota Grup yang Senantiasa Peduli dan Berpartisipasi
Konten Yang Bervariasi dan Fitur Komunitas yang akan membuat komunitas  berbeda

E. KARAKTERISTIK PERANCANGAN DAN PEMELIHARAAN KOMUNITAS ONLINE

     Sebelum membahas mengenai Perancangan dan pemeliharaan Komunitas Online, ada baiknya kita harus memahami apa saja karakteristik mendasar dari komunitas online.
Suatu komonitas online dikatakan baik jika memiliki karakteristik sbb :

1. Sifat Yang Relatif Bebas
Media & komunitas online cenderung bersifat bebas. Bebas dalam artian yang amat luas. Bebas kepemilikan, bebas sekat-sekat sosial umum, bebas kepemilikan, bebas dari interfensi otoritas sosial/agama/pemerintah dan sejenisnya, bebas pengguna dan bebas hambatan jarak, ruang dan waktu.
2. Anonim
Anonim adalah suatu sifat yang merujuk pada ketidakjelasan /ketidakpastian identitas seserang / suatu pihak. Di dunia online, identitas menjadi sesuatu yang bebas cipta dan bebas guna. Artinya, siapa saja bisa menjadi apa saja yang diinginkannya. Tak ada kewajiban, layaknya di dunia nyata, untuk menunjukkan/menggunakan identitas asli saat menggunakan layanan internet. Artinya, informasi apapun yang dibuat, dimanipulasi, disebarluaskan dan direproduksi lewat berbagai media online bisa ditampilkan oleh siapapun.
 3. Aksesibilitas Tinggi
Media dan komunitas online mempunyai aksesibilitas tinggi, bahkan bisa dibilang tertinggi dari bentuk media/komunitas apapun di dunia nyata. Siapapun Anda, dimanapun berada, kapanpun mau, Anda bisa mengakses informasi yang ada di media atau komunitas apapun di dunia maya.
Tingkat aksesibilitas macam ini pulalah yang memungkinkan hilangnya sekat-sekat jarak, ruang dan waktu yang menjadikan publik lebih berdaya dalam menilai suatu hal. Tak ada lagi yang namanya suatu pihak menguasai informasi dan mendikte publik akan apa yang benar dan salah. Karena publik punya alternatif informasi yang lain yang bisa diaksesnya melalui media atau komunitas online.

F. LANGKAH UNTUK MEMBANGUN DAN MEMELIHARA KOMUNITAS ONLINE

Attact : Langkah pertama dalam proses ini adalah untuk menarik pengunjung dan mendorong mereka untuk bergabung dengan komunitas virtual.
Promote : Setelah anggota telah terdaftar, langkah berikutnya adalah untuk mendorong mereka untuk berpartisipasi. Semakin sering anggota berpartisifasi, komunitas dapat semakin mudah menarik anggota baru, mempercepat pertumbuhannya.
Build : Dengan bertukar pikiran dan informasi melalui forum diskusi, anggota membangun loyalitas kepada komunitas. Informasi yang tersedia dari komunitas menjadi faktor utama yang mempengaruhi dalam banyak keputusan mereka termasuk keputusan pembelian.
Capture : Ketika komunitas telah mencapai tahapan kritis dalam hal jumlah dan agregasi konten, Anda dapat menawarkan ruang untuk iklan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar